9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title konten karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul Anda kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

sobat malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, anda lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kamu dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download tersebut. Jika harus, anda juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten anda menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel