Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.
kawan malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, anda sedang membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika anda menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, sobat dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di konten itu.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Jika harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan