9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari master Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan sebagai poin dasar karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Tidak sulit jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Jika judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat web sobat sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.

anda malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika harus, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel