9 Tips Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 9 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat situs sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 9 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.

kawan malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 9 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang kawan download itu. Kalau perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kamu sebagai tulisan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel