9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun sebab masih ada di page one masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kalau judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kawan sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

kawan malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, anda bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel