9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda menjual sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.
kawan malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang anda berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.
kawan malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang canggih
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan