16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun karena masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Jika judul kamu kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.

anda malah harus waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, anda lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau sobat bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya postingan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel