16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi sebab masih ada di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidak pas dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.

sobat malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja indeking di halaman yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan image dari Google, pastikan merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau perlu, kamu juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten sobat sebagai postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel