16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun title tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten panjang hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.

kamu malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kalian bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, sebaiknya mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel