16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan dalam poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat blog sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.

kawan malah wajib waspada kalau tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika sobat bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Jika perlu, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kalian menjadikannya artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel