Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat mengenalkan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.
anda malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Untuk mengakalinya, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke robot yang bekerja indeking di konten yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau bisa, sobat juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai tulisan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang canggih
Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten anda dapat merajai page one.
0 Response to "16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"
Catat Ulasan