15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.

sobat malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, sobat sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lagi kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Jika perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kawan sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel