15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah expired, namun sebab masih ada di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai dari suatu postingan.

sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, anda bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan indeking di artikel itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel