15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat web anda sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu tulisan.

kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Jika harus, sobat juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel