15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

kamu malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, anda sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lain kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja crawling di artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel