15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tidak memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

kamu malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kita.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika harus, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah besar peluang Google mengindek konten kamu menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kalian hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "15 Trik Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel