15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

kamu malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja crawling di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Jika perlu, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel anda sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel