15 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.

kamu malah harus waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kawan dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel