15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari sebuah situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kalian sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan menjual sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan indeking di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari sebuah situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang tepat.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kalian sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan menjual sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan indeking di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"
Catat Ulasan