15 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Seringkali artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat title artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda kaku dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan menjual sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
anda malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.
Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.
Seringkali artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat title artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda kaku dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan menjual sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
anda malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.
Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.
0 Response to "15 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan