15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih merajai di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu tulisan.

kawan malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.

Namun pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kawan bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja crawling di konten itu.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang sobat download tersebut. Kalau bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel