12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun hanya akibat masih nongkrong di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka menjelajahi website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.

kamu malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kalian dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking pada artikel tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika harus, sobat juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel