Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah website yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau konten yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan menjual produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu postingan.
kawan malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang sobat unduh itu. Kalau perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang canggih
Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "12Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan