12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi hanya akibat masih ada di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips menulis artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kalian sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

kamu malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, sobat lagi membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika sobat dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke bot yang bekerja crawling di halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, kawan juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat sebagai konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "12 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel