12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun karena masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik penulisan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu tulisan.

kawan malah harus waspada kalau tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan unduh itu. Kalau perlu, kalian juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel