10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita tuliskan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan user maka silahkan saja.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

kamu malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda lagi menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada artikel tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika perlu, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel