10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau konten yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

anda malah kudu waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke robot yang bekerja indeking di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Jika bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten anda sebagai konten yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Trik Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel