10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan merekomendasikan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
anda malah kudu waspada jika persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika anda bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan crawling di artikel itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Kalau harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
anda malah kudu waspada jika persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika anda bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan crawling di artikel itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Kalau harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.
0 Response to "10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"
Catat Ulasan