10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan sebagai poin pertama karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel