10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, sobat sedang menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu menjadikannya artikel yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel