Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba
Rabu, 13 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang tepat.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, sobat lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu artikel.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di konten yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan menjadikannya postingan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.
Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, sobat lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu artikel.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di konten yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan menjadikannya postingan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.
0 Response to "Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"
Catat Ulasan