Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca
Jumaat, 22 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun trik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kalian merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.
kawan malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kalian lagi menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, sobat dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada konten yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun trik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.
kawan malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kalian lagi menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, sobat dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada konten yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan