Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan dalam poin pertama karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.

kamu malah kudu waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel