Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang efektif.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.
kamu malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kalian sedang menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan crawling pada artikel tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly"
Catat Ulasan