Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari master Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, sobat sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu download itu. Jika bisa, kawan juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel