Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah expired, namun karena masih merajai di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami masukkan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena selain kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.
Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
kawan malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, sobat lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kita.
Namun dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu artikel.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja crawling pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, sebaiknya mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Jika perlu, sobat juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan