9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.

kalian malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling di tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kalian sebagai konten yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel