9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

 9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah postingan.

anda malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu memakai image dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika perlu, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten anda sebagai tulisan yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel