9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi sebab masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu artikel.

kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang kalian unduh itu. Jika harus, kamu juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kalian cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel