16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Jika judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka biarkan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah tulisan.

kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Contoh lain jika anda membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar peluang Google mengindek artikel sobat menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel