16 Trik Membuat Konten SEO Friendly
Jumaat, 22 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kawan sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda merekomendasikan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.
kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kawan lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kalian dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking di halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau bisa, kalian juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai konten yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kawan sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.
kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kawan lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kalian dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking di halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau bisa, kalian juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai konten yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan