15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat gagasan terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel