12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi sebab masih merajai di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kita, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun ide tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.

anda malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kalian lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di artikel itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kawan menjadikannya konten yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel