10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun karena masih nongkrong di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.

kamu malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan lagi membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Jika bisa, sobat juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel