9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih ada di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.

kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat sedang menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.

Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di tulisan yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel