12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu artikel.

anda malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika bisa, kalian juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat konten anda jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel