12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan dalam poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras menulis konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

kalian malah wajib waspada kalau persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan indeking di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel