10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, namun hanya akibat masih ada di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

sobat malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kalian sedang membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja crawling di artikel tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak sama dengan image yang sobat download itu. Kalau perlu, sobat juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah besar peluang Google mendeteksi konten kamu menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kalian cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.

0 Response to "10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel