10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.

kamu malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat sedang menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Jika harus, sobat juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat sebagai artikel yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel